Mengajak Remaja Men-tackle Kekerasan Berbasis Gender Dengan Sepak Bola

Inspire, LSM sepak bola yang berbasis di Bandung, Jawa Barat memulai kampanye baru : Pledge United. Program ini melibatkan dan mengedukasi remaja laki-laki untuk menghormati perempuan. Pledge United akan menyebarkan misi ini dengan melakukan perjalanan ke 14 kota di seluruh Indonesia dan berdampak pada lebih dari 10.000 remaja pria.

Pledge United ini bekerja sama dengan Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, KNVB, Upshot, dan Kalyana Shira Foundation. “Ini adalah proyek paling menarik dan menantang yang pernah kami lakukan di Inspire. Dengan menggunakan jaringan kami dan mitra jangka panjang kami siap untuk mengatasi satu dari masalah terbesar Indonesia, kekerasan berbasis gender. Setiap perempuan memiliki hak untuk tidak hidup dalam ketakutan dan kami ingin melakukan bagian kami dalam membagikan pesan Pledge United kepada generasi berikutnya,” kata Jonathan Hamilton, Pendiri Inspire Indonesia.

Apa yang menginspirasi Inspire?

Selama dua tahun terakhir, Inspire telah mempelopori pendekatan baru terhadap masalah kekerasan berbasis gender di Indonesia. Komnas Perempuan melaporkan bahwa 33% perempuan di Indonesia telah dilecehkan, dan itulah sebabnya Inspire memulai program Pledge United.

Inspire yakin sepak bola adalah tool yang efektif untuk men-tackle masalah ini. Ini karena Indonesia merupakan negara yang sangat mencintai sepak bola. Melalui sepak bola, Inspire yakin kita bisa melihat Indonesia yang lebih cerah dan lebih aman untuk semua.

"Kolaborasi Kalyana Shira Foundation dengan Inspire adalah upaya kami untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan melalui penceritaan menggunakan media audio visual, yang adalah salah satu alat yang efektif di era digital,” ujar Nia Dinata, sutradara film pendiri Kalyana Shira Foundation.

Inspire adalah LSM sepak bola yang berfokus pada pengembangan skill sepak bola, karakter dan isu-isu sosial di Indonesia. Pada dua tahun terakhir Inspire selaluu dinominasikan dalam penghargaan Beyond Sport kategori "Sport for Peace and Social Justice".

(Hanna Fauzie)
(ary)
Top