Dosen Sediakan Internet Gratis untuk Siswa Pedesaan Belajar di Rumah

Sejumlah siswa yang berada di daerah terpencil Wonogiri, Jawa Tengah mengalami kesulitan saat penerapan belajar di rumah guna menghentikan persebaran virus corona. Minimnya jaringan internet di sejumlah desa terpencil membuat para orang tua harus mengantar anaknya hingga sekian kilometer untuk mendapatkan jaringan internet agar sang anak tetap bisa belajar secara online.

Para pelajar di Wonogiri masih diliburkan hingga 30 April 2020 setelah pemerintah mengumumkan perpanjangan masa darurat Corona, hingga Idul Fitri mendatang. Namun masih minimnya jaringan internet di pedesaan membuat siswa banyak yang tidak bisa belajar dari rumah dan harus mencari lokasi dimana terdapat jaringan internet yang bagus.

Di tengah keterbatasan warga terhadap akses belajar online ini, seorang dosen sebuah perguruan tinggi swasta menyediakan akses jaringan internet secara gratis. Setiap hari belasan pelajar dan mahasiswa silih berganti menikmati fasilitas internet gratis di rumah tokoh pendidikan di desa tersebut. Meski pemerintah setempat menghimbau untuk tetap belajar di rumah, kebijakan tersebut sulit diterapkan di dusun mereka, sehingga harus mencari jaringan internet keluar dusun agar bisa tetap belajar atau menempuh ujian secara online.
(ary)
Top