RS Darurat Corona Wisma Atlet Dapat Tampung 3000 Pasien

Wisma Atlet Kemayoran Jakarta telah beralih fungsi menjadi rumah sakit darurat virus Corona di Indonesia. Wisma yang awalnya berfungsi menampung para atlet Asian Games 2018 kini disulap dalam empat hari menjadi rumah sakit darurat Corona dan tempat isolasi.

Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan rumah sakit darurat, ia memantau ruang IGD hingga kamar isolasi. Usai meninjau, Presiden meresmikan rumah sakit yang dapat menampung 3000 pasien virus Corona.

Pemerintah membagi zona rumah sakit ini menjadi tiga zona, zona hijau adalah tower satu difungsikan untuk gugus tugas percepatan penanganan Corona. Zona Kuning adalah tower tiga menjadi tempat untuk dokter, perawat, dan petugas medis. Sementara zona 4 adalah tower enam dan tujuh yang menjadi tempat perawatan pasien Corona, bahkan untuk masuk ke zona ini harus menggunakan alat pelindung diri atau APD lengkap.

Selain rumah sakit darurat di wisma atlet Kemayoran, Jakarta, pemerintah juga sedang menyiapkan Pulau sebaru di Jakarta dan Pulau Galang di Kepulauan Riau menjadi tempat karantina, observasi dan isolasi pasien Corona dan ditargetkan selesai pada 28 Maret mendatang.
(ary)
Top