Jalan Kaki Selama 6 Jam, Warga Sakit Ditandu 15 Kilometer Ke Puskesmas

Beginilah kondisi warga yang berada di Dusun Gombang Desa Petambanua, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Bila ada yang sakit dan akan berobat ke rumah sakit atau puskesmas harus ditandu menggunakan bambu dan kain sarung, ironisnya tak hanya melewati jalan setapak dan menanjak, warga juga harus bersusah payah berjalan kaki hingga 15 km.

Untuk mencapai puskesmas terdekat membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam berjalan kaki. Penderitaan warga ditempat ini sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu dimana akses jalan kedesa sulit dijangkau dengan roda empat. Tak hanya akses yang buruk, jembatan penghubung pun dikeluhkan warga mereka khawatir sulitnya akses jalan lamanya waktu tempuh ke fasilitas kesehatan terdekat dapat berakibat buruk bagi mereka yang sakit dan butuh pertolongan segera.

Selain di Desa Petambuana, hal serupa juga pernah terjadi seorang warga asal Desa Rate yang sakit parah harus ditandu menyebrangi sungai, warga berharap pemerintah daerah dan pemerintah pusat bisa mengakses jalan yang memadai dan menyediakan ambulance untuk digunakan bagi yang sakit.

(w@m)
(ary)
Top