KNKT Rilis Laporan Pendahuluan Investigasi Lion Air JT 610

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyampaikan laporan awal terkait kecelakan pesawat Lion Air JT 610 dengan nomor registrasi PK-LQP yang jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat, akhir Oktober lalu. Berdasarkan hasil dari pemeriksaan kotak hitam flight data recorder (FDR) yang telah ditemukan, pesawat tersebut ternyata mengalami enam masalah pada empat penerbangan terakhirnya.

“Dari data perawatan pesawat, sejak tanggal 26 Oktober 2018, tercatat ada enam masalah atau enam gangguan yang tercatat di pesawat ini,” ungkap Kepala Subkomite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT, Kapten Nurcahyo Utomo, di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Dia menjelaskan, enam masalah tersebut mencakup tidak adanya petunjuk kecepatan dan ketinggian pesawat pada layar pilot; kegagalan penurunan kecepatan laju dan mach pesawat; lampu tanda maintenance (perawatan) menyala setelah pesawat mendarat, dan; terputusnya auto throttle arm selama pesawat mengoleng saat lepas landas. Selanjutnya, tanda tidak ketidaksetujuan pada ketinggian dan kecepatan muncul setelah pesawat lepas landas, dan; lampu indikator tekanan diferensial menyala sendiri.
(esn)
Top