Cegah Persebaran Corona, Ribuan Santri di Purworejo Dipulangkan

Ribuan santri Pondok Pesantren An Nawawi, Purworejo, Jawa Tengah pulang ke kampung halaman karena kegiatan pesantren dihentikan sementara. Sebelum pulang ke daerah masing-masing, ribuan santri disterilkan menggunakan cairan disinfektan. Para santri juga diperiksa kesehatannya termasuk pemeriksaan suhu tubuh. Prosedur ini dilakukan untuk memastikan agar para santri tetap sehat saat tiba di rumah masing-masing.

Nantinya para santri melapor pada pemerintah desa, memeriksakan diri ke puskesmas terdekat dan mengisolasi diri selama 14 hari saat tiba di kampung halaman. Lalu untuk menjaga para santri selama perjalanan sejumlah para santri asal Sumatera didampingi oalumni pondok pesantren. Saat tiba di daerah para santri akan dijemput orang tua mereka masing-masing.

Pemulangan ribuan santri di pondok pesantren ini? dilakukan secara bertahap hingga bulan Juni mendatang. Meski demikian kegiatan belajar tetap dilakukan dirumah masing masing dengan system daring. Sementara untuk santri yang daerah asalnya memiliki resiko tinggi penularan virus corona tidak dipulangkan karena lingkungan pondok pesantren di anggap lebih aman dari paparan virus corona.
(ary)
Top