Tergiur Syuting Iklan, 10 Lansia Jadi Korban Hipnotis di Bekasi

Kamera cctv di Jalan Urip, Perumnas I, Kota Bekasi, Jawa Barat merekam aksi penipuan bermodus hipnotis. Pelaku adalah seorang wanita berusia 30 tahunan mengincar wanita lansia sebagai korban penipuan. Awalnya korban, Tatiek Esti yang merupakan istri Ketua RT diperkenalkan kepada pelaku oleh teman kader PKK. Dari perkenalan ini, pelaku beraksi seorang diri meminta 10 wanita lansia dikumpulkan untuk diikutkan syuting model iklan susu di pusat perbelanjaan.

Pelaku sempat mengajarkan yel-yel pada korban untuk persiapan syuting, kemudian dalam pengaruh hipnotis keempat korban diajak menuju lokasi syuting dengan menyewa taksi online. Di pusat perbelanjaan para korban bahkan menuruti permintaan pelaku untuk melepaskan semua perhiasan dengan dalih agar mudah didandani saat syuting iklan.

Ketika seorang korban lansia memegang semua perhiasan di satu tas, ketiga korban lainnya diminta pergi ke tempat fotocopy. Kelengahan ini dimanfaatkan pelaku untuk merampas tas korban berisi perhiasan emas. Akibatnya keempat korban kehilangan emas puluhan juta rupiah. Para korban telah melaporkan kasus ini ke Polsek Bekasi Selatan yang kini masih melakukan pengejaran.
(ary)
Top