Dita, Asuh Ratusan Kucing di Parung

Berawal dari keprihatinan terhadap kucing, seorang ibu rumah tangga bernama Dita Agusta (45) hidup bersama lebih dari 250 kucing yang sebelumnya telantar di jalanan.
Ratusan kucing yang tinggal bersama Dita bukanlah kucing mahal, melainkan kucing kampung yang mempunyai masalah. Mulai dari pemberian tetangga, patah kaki maupun buta akibat ulah manusia yang menelantarkannya.

Dita mengaku, awalnya dia kasihan melihat disekitar rumahnya ada kucing sakit, semula hanya 10 ekor, kini peliharaannya pun sudah mencapai lebih dari 250 ekor. Ia pun sudah mengurus kucing di jalanan sejak ia masih kecil. Namun, ia mulai serius mengasuh kucing-kucingnya sekitar empat tahun lalu. Kala itu, dia dan suaminya, Mohammad Lutfi, membeli rumah yang lebih besar di kawasan Parung, Bogor, Jawa Barat.

Untuk mengurus 250 kucing, Dita merogoh kocek sebesar Rp 1 juta setiap harinya. Biaya itu didapat dari donatur dan sebagian tetangganya untuk memenuhi kebutuhan makanan, obat-obatan, dan lainnya. Untuk mengurusnya 250 ekor kucing, Dita dibantu oleh 2 anaknya dan 3 karyawan untuk membersihkan rumah dua kali sehari untuk memastikan tempat higienis.

Sejumlah kucing peliharaannya telah meraih penghargaan dari berbagai kompetisi, Dita berharap apa yang dilakukannya dapat menginspirasi orang lain untuk bisa hidup berdampingan dengan kucing, dan untuk tidak menyiksa apalagi membunuh kucing-kucing.
(ary)
Top