Indonesia Banjir Pujian di Closing Ceremony Asian Games 2018

Luar biasa! Sukses dalam prestasi dan penyelenggaraan yang ditargetkan pemerintah Indonesia tercapai. Kontingen Merah Putih finis di peringkat keempat perolehan medali dengan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Secara penyelenggaraan, Indonesia dibanjiri pujian. Tak berlebihan bila pemerintah berambisi menghelat Olimpiade 2032. Pemerintah menilai Indonesia mampu meng gelar event yang lebih prestisius, yakni Olimpiade 2032. Hal itu di lontarkan Presiden Joko Widodo setelah bertemu dengan Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach. “Setelah pengalaman luar biasa di Asian Games 2018, sekarang kami percaya bahwa kami bisa menjadi tuan rumah event olahraga terbesar Olimpiade,” kata Presiden Jokowi.

Keinginan Indonesia mendapat respons hangat dari Bach. Dia menilai, kemampuan Indonesia yang sukses menggelar Asian Games 2018 merupakan modal penting untuk memperbesar kans menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Indonesia harus bersaing ketat dengan tiga kandidat lain, yakni India, Australia, dan China. “Karena kesuksesan Asian Games 2018, Indonesia telah menunjukkan bahwa mereka memiliki persyaratan untuk menyelenggarakan Olimpiade yang sukses. Indonesia mampu mengombinasikan keramahan dan efektivitas. Itu adalah tujuan utama Olimpiade,” puji Bach.

Upacara penutupan Asian Games 2018 berlangsung meriah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, tadi malam, meski Jakarta diguyur hujan deras. Spektakulernya closing ceremony tersebut mengakhiri cerita indah Jakarta dan Palembang. Panggung upacara penutup an Asian Games silih berganti diisi musisi papan atas Tanah Air dan inter nasional. Salah satunya bintang K-pop, Super Junior, yang mem buat histeris puluhan ribu pe nonton, atlet, dan suka relawan lewat tiga lagu yang mereka bawakan. Pentolan Super Junior, Siwon, bangga dengan dipilihnya boy band tersebut dalam acara istimewa ini.
Top