Jokowi Resmikan Istana Negara di IKN, Istana Garuda Bakal Diresmikan Prabowo

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 18:07 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024). Jokowi mengatakan hanya peresmian Istana Negara karena Istana Garuda masih dalam proses finishing yang membutuhkan waktu selama satu bulan ke depan.

Jokowi pun mengungkapkan Istana Garuda akan diresmikan oleh Prabowo Subianto yang akan dilantik sebagai Presiden pada 20 Oktober mendatang.

Sebelumnya, Istana Garuda dan Istana Negara merupakan dua titik berbeda yang menjadi bagian dari Istana Kepresidenan di IKN. Kedua istana tersebut berlokasi di zona 1A Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Istana Negara di IKN juga digambarkan sebagai bangunan megah yang akan menjadi kediaman resmi Presiden Indonesia. Sementara, Istana Garuda berada tepat di belakang Istana Negara di dataran lahan yang lebih tinggi.

Istana Garuda juga akan menjadi tempat Presiden melakukan aktivitas kerja rutin menerima tamu audiensi, dan menggelar rapat. Istana Garuda disebutkan mempunyai fungsi sama dengan Istana Merdeka Jakarta.

Reporter: Binti Mufarida

Baca Juga: Hari Ini Presiden Jokowi Resmikan Istana Negara dan Istana Garuda IKN
(whf)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Rekomendasi
Terpopuler
Terkini More