Pabrik Teh Terbesar di Jawa Timur Ludes Terbakar

Pabrik teh terbesar di Jawa Timur (Jatim) ludes terbakar, Senin (23/12/2019). Akibat peristiwa ini, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Pabrik Teh PTPN Kertowono XII, Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jatim habis terbakar. Ruangan yang terbakar meliputi ruangan produksi beserta mesin.
Petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu lebih lama untuk menjangkau lokasi karena letaknya yang berada di atas perbukitan. Ada tiga mobil pemadam kebakaran Pemkab Lumajang yang diterjunkan untuk memadamkan api.

Menurut Direktur Operasional PTPN XII, Anis Febriantomo kobaran api pertama kali ditemukan satpam yang berpatroli sekitar jam 02.30 WIB dini hari. Petugas lantas berusaha memadamkan api sembari menghubungi pemadam kebakaran, BPBD dan pihak terkait. Anis menambahkan, hampir 80 persen dari pabrik tersebut terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 miliar.

Sebanyak 69 ton teh siap ekspor berhasil diamankan dan tidak terbakar. Sementara untuk operasional pabrik selanjutnya, sementara akan dipindah ke pabrik teh di Wonosari dan pabrik di Bantaran, Blitar. Anis yakin tidak ada masalah dengan produksi teh berikut para karyawannya.
(ary)
Top