Siswa SMP di Cilacap Peringati Hari Guru Sungkeman dan Basuh Kaki

Ada yang menarik dalam peringatan Hari Guru Nasional di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pius, Kota Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/11/2019). Para siswa datang ke sekolah dengan mengenakan pakaian adat dan menjalani proses basuh kaki. Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk refleksi penghormatan para siswa terhadap guru yang telah membimbing mereka selama ini.

Ratusan siswa secara bergantian membasuh kaki guru mereka dengan air kembang. Suasana haru terasa dengan lantunan lagu dan musik bertema perjuangan guru. Dan mengejutkannya, di akhir kegiatan justru bergantian guru yang membasuh kaki para siswa.

Seorang siswa SMP Julius Wijaya Agung mengatakan, kegiatan yang bertepatan pada momen Hari Guru ini dilakukan sebagai rasa hormat dari siswa. Selama ini para guru telah memberi banyak ilmu. Selain itu, membasuh kaki sebagai simbol permohonan maaf siswa kepada para guru atas kesalahan dan perilaku mereka selama ini.

Seusai membasuh kaki guru, para siswa ini kemudian memberikan bingkisan kado. Mereka saling berbagai dan tertawa bersama dalam keakraban.
(ary)
Top