Bertemu Menlu Retno, Menlu India Bahas Kerjasama Maritim dan Terorisme

Menteri Luar Negeri India Dr. Subrahmanyam Jaishankar melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi di Jakarta pada Kamis, 5 September, sebagai bagian dari kunjungan dua harinya ke Indonesia. Ini merupakan kunjungan pertama Jaishankar ke Indonesia dan negara Asia Tenggara sejak menjabat sebagai menteri luar negeri India pada Mei 2019.

Indonesia dan India memiliki hubungan yang erat karena memiliki banyak persamaan, terutama sebagai dua negara multietnis terbesar di dunia, dan kedekatan hubungan sejarahnya. Tahun ini, India dan Indonesia merayakan peringatan 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara kedua negara.

Dalam pertemuan bilateral yang digelar di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, kedua menlu membahas sejumlah isu bilateral, regional dan global, dalam bidang politik, ekonomi dan keamanan. Menlu India menyampaikan dukungan kuat negaranya ada visi Indo-Pasifik yang dipromosikan Indonesia. Menurutnya, Indonesia dan India perlu bekerja sama lebih erat untuk menghadapi tantangan di kawasan tersebut.
(ary)
Top