Trotoar Malioboro Bebas PKL dan Kendaraan Setiap Selasa Wage

Jl. Malioboro siapa yang tak kenal icon Kota Yogyakarta ini terkenal dengan suasananya yang ramai, aktifitas wisata dan ekonominya Jl. Malioboro ini seakan tak pernah tidur. Namun suasana jauh berbeda terlihat hari Selasa Wage mirip seperti hari bebas kendaraan dikota lain, Jl. Malioboro bebas dari kendaraan bermotor hanya angkutan Trans Jogya yang boleh melintas, selain bebas kendaraan setiap hari Selasa Wage ini pula Jl. Malioboro ini juga bebas dari pedagang kali lima.

Tak seperti dikota-kota lain hari bebas kendaraan dan PKL di Jogya ini mendapat sambutan positif dari para pedagang kaki lima, bahkan para PKL memanfaatkan hari Selasa Wage untuk bergotong royong untuk membersihkan trotoar Malioboro soal pendapatan mereka tak khawatir karena Selasa Wage hanya jatuh setiap 35 hari sekali.

Pemberlakuan Selasa Wage mendapat dukungan dari warga pejalan kaki dengan demikian warga pejalan kaki, dengan demikian pejalan kaki mempunyai keleluasaan melintas dengan aman dan nyaman dan bisa menjadi contoh harmonisnya hubungan antara pedagang kaki lima, pejalan kaki dan pemerintah provinsi dalam upaya menata Yogyakarta, selain memberikan kenyamana bagi pejalan kaki Selasa Wage juga tak memberikan dampak buruk terhadap aktifitas ekonomi di Jl. Malioboro.
(ary)
Top