Indonesia Terapkan Hukuman Kebiri Kimia bagi Predator Anak

Untuk pertama kalinya vonis kebiri kimia terhadap predator anak dijatuhi lembaga peradilan anak di Indonesia, pemuda asal Mojokerto, Jawa Timur? Muhammad Aris terbukti memperkosa 9 anak harus berhadapan dengan hukuman kebiri kimia. Hukuman kebiri kimia ini mengacu pada? peraturan pemerintah pengganti undang-undang atau Perpu tentang perubahan kedua undang-undang tentang perlindungan anak, perpu ini ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo Mei 2016 lalu dan disahkan menjadi undang-undang oleh DPR Oktober 2016.

Undang-undang ini memuat hukuman kebiri dan hukuman mati bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak sebagai efek jera. Metode Kebiri kimia dilakukan dengan menyuntik obat anti androgen untuk mengurangi kadar testosteron yang dapat menurunkan hasrat seksual. Prosedur tersebut biasa digunakan untuk mengobati kanker prostat stadium lanjut. Pengebirian ini memiliki efek samping diantaranya kepadatan tulang perlahan hilang yang mengakibatkan osteoporosis, hilangnya masa otot disertai peningkatan lemak tubuh, terjadinya pembesaran payudara pada pria hingga kematian dini akibat gangguan jantung dan pembuluh darah.

Indonesia bukan negara satu-satunya negara yang menerapkan vonis kebiri, sejumlah negara juga pernah menerapkannya diantaranya Amerika Serikat, Israel, Argentina, Polandia, Australia dan Korea Selatan.

(w@m)
(ary)
Top