Komunitas Sepeda Serukan Hidup Sehat Tanpa Kendaraan Bermotor

Jakarta beberapa waktu terakhir menjadi pembicaraan publik selain layanan MRT yang makin banyak digunakan warga ibukota ada hal lain juga yang menjadi sorotan publik yakni kualitas udara yang buruk, beberapa kali kualitas udara Jakarta bahkan menjadi yang terburuk didunia. Banyak hal yang dituding menjadi penyebab polusi antara lain penggunaan kendaraan pribadi, buruknya kualitas udara ibukota mengundang kekhawatiran warga saat beraktifitas, salah satunya komunitas pesepeda yang menggalakkan penggunaan kendaraan bebas polusi saat menuju tempat kerja. ironisnya para penggoes sepeda justru banyak terpapar polusi ibukota dan gangguan kesehatan menjadi taruhannya.

Kondisi udara ibukota yang buruk tidak mengurungkan niat Pei salah seorang anggota komunitas sepeda yang tetap memilih sepeda sebagai transportasi menuju kantor, meski 4 tahun bergabung dengan komunitas sepeda namun baru setahun ini Pei bersepeda dari rumahnya di Pamulang tangerang Selatan kekantornya dikawasan Jakarta Pusat, setidaknya dibutuhkan waktu hampir 1 jam tiba ditempat tujuan.

Tidak hanya sendiri menuju tempat tujuan Pei terkadang juga bertemu dengan anggota komunitas lainnya untuk bersama-sama menuju tempat kerja apabila searah. Ada yang diharapkan komunitas pesepeda agar kualitas udara ibokta membaik yang tidak hanya bergantung kepada Pemprov DKI Jakarta tapi juga agar masyarakat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi

(w@m)
(ary)
Top