Kemenhub Ajak Swasta Investasi ke Infrastruktur Transportasi

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) intens mengajak pihak swasta untuk tertarik berinvestasi di bidang infastruktur, melalui skema pembiayaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang digalakkan pemerintah. Salah satunya lewat gelaran Forum Perhubungan yang digagas MNC Group bekerja sama dengan Kemenhub di Hotel Santika, Jakarta.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Sekjen Kemenhub) Djoko Sasono mengatakan, Forum Perhubungan yang mengusung tema 'Pembiayaan Kreatif Pembanguan Infrastruktur Transportasi Indonesia' sangat penting untuk mencari pembiayaan lain dalam membangun infrastruktur. Khususnya pembangunan infrastruktur transportasi yang tidak kalah pentingnya dengan pembangunan jalan maupun jalan tol. Menurutnya, dengan forum ini diharapkan bisa membuat investor swasta tertarik pada skema KPBU yang ditawarkan pemerintah.

"Kami berharap melalui Forum Kemenhub, isu KPBU bisa dibahas secara tuntas sehingga harapan dan tujuan kita untuk memajukan negeri melalui pembangunan infrastruktur Indonesia bisa berjalan dengan baik," ujar Djoko dalam acara Forum Perhubungan Pembiayaan Infrastruktur bersama MNC Group di Hotel Santika, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Menurut Djoko, tidak semuanya pembangunan infrastruktur khususnya transportasi bisa didanai oleh APBN. Sebab untuk transportasi saja, dibutuhkan dana sekitar Rp1.200 triliun untuk membangun infrastruktur. Jika seluruhnya berasal dari APBN, maka pembangunan infrastruktur terang dia tidak akan jalan. Oleh karenannya dibutuhkan peran swasta dalam pembangunan infrastruktur melalui skema KPBU.

"Saya berharap upaya yang kita lakukan bersama mampu membuat para pihak swasta tertarik membuat investasi bisnis transportasi di Indonesia. Hal tersebut merupakan kontribusi sektor swasta dalam membangun infrastruktur Indonesia untuk bertujuan berikan peluang dan kesempatan bagi sektor swasta untuk mengelola sektor transportasi, karena kebutuhan pembangunan infrastruktur kita sangat besar," paparnya.
Top